#SIP_B.Komputer & Kognisi Manusia
Komputer &Kognisi sosial
A. Arsitektur Komputer
Arsitektur komputer adalah sebuah rancangan ilmu dan
sekaligus sebagai suatu seni mengenai interkoneksi antara berbagai komponen
perangkat keras atau hardware untuk dapat menciptakan yang dapat memenuhi
kebutuhan fungsional, kinerja dan juga targer biayanya.
Arsitektur von Neumann (atau Mesin Von Neumann) adalah arsitektur
yang diciptakan oleh John von Neumann [1903 – 1957]. Arsitektur ini digunakan
oleh hampir pada semua komputer pada saat ini. Arsitektur Von Neumann ini
menggambarkan komputer dengan 4 (empat) bagian utama, yaitu: Unit Aritmatika
& Logis (ALU), unit kontrol, memori, & alat masukan & hasil (secara
kolektif dinamakan I/O). Bagian tersebut dihubungkan oleh berkas kawat, “bus”.
Dua bagian utama arsitektur computer :
Terdapat 2 (dua) bagian pokok arsitektur komputer:
- Instructure Set
Architecture, adalah spesifikasi yang menentukan bagaimana programmer
bahasa mesin berinteraksi dengan komputer.
- Hardware System
Architacture yaitu subsistem hardware (perangkat keras) dasar yaitu CPU, Memori,
serta OS.
Faktor yang berpengaruh pada keberhasilan Arsitektur
Komputer
Faktor-faktor yang dapat berpengaruh pada keberhasilan arsitektur
komputer, tiga diantaranya adalah:
1. Yang pertama manfaat Arsitektural diantaranya yaitu:
- Aplicability.
- Maleability.
- Expandibility.
- Comptible.
2. Kinerja Sistem.
Yaitu untuk mengukur kinerja dari sistem, ada serangkaian program
yang standard yang dijalankan yang dapat di sebut Benchmark pada komputer yang
akan diuji ukuran kinerja CPU:
- MIPS (Million
Instruction PerSecond)
- MFLOP (Million
Floating Point PerSecond)
- VUP (VAX Unit
of Performance)
Ukuran
Kinerja I/O sistem:
- Sistem
Operasi Bandwith
- Operasi I/O
Perdetik
Ukuran
Kinerja Memori:
- Memoy Bandwith.
- Waktu Akses
Memori.
- Ukuran Memori.
3. Biaya Sistem, Biaya dapat diukur dalam banyak cara diantaranya,
yaitu :
- Reliabilitas.
- Kemudahan
Perbaikan.
- Konsumsi daya.
- Berat.
- Kekebalan.
- Interface Sistem
Software.
Arsitektur komputer merupakan suatu hal yang sangatlah penting
karena dapat memberikan berbagai atribut-atribut pada sistem komputer, hal
tersebuti tentunya sangat dibutuhkan bagi perancang ataupun user software
sistem dalam mengembangkan suatu program.
Arsitektur komputer ini mengandung tiga sub-kategori, diantaranya
meliputi:
- Set intruksi
(ISA).
- Arsitektur mikro
dari ISA, dan juga
- Sistem desain
dari semua atau seluruh komponen dalam perangkat keras (hardware) komputer
ini.
Ada sejumlah tingkatan dalam konstruksi dan organisasi sistem
komputer. Perbedaan paling sederhana diantara tingkatan tersebut adalah
perbedaan antara hardware dan software.
1. Tingkatan Dasar Arsitektur Komputer
Pada tingkatan ini Hardware sebagai tingkatan komputer yang paling
bawah dan paling dasar, dimana pada hardware ini “layer” software ditambahkan.
Software tersebut berada di atas hardware, menggunakannya dan mengontrolnya.
Hardarwe ini mendukung software dengan memberikan atau menyediakan operasi yang
diperlukan software.
2. Multilayerd Machine
Tingkatan dasar arsitektur komputer kemudian dikembangkan dengan
memandang sistem komputer keseluruhan sebagai “multilayered machine” yang
terdiri dari beberapa layer software di atas beberapa layer hardware.
- CPU (Central
processing Unit), yang mengendalikan semua unit sistem komputer yang lain
dan mengubah input menjadi output.
- Primary storage
(penyimpanan primer), berisi data yang sedang diolah dan program.
- Control unit
(unit pengendalian), membuat semua unit bekerja sama sebagai suatu sistem.
- Aritmatika and
logical Unit, tempat berlangsungnya operasi perhitungan matematika dan
logika.
- Unit Input,
memasukkan data ke dalam primary storage
- Secondary
storage (penyimpanan sekunder), menyediakan tempat untuk menyimpan program
dan data saat tidak digunakan
- Unit Output,
mencatat hasil pengolahan
3. Peralatan Input
Perangkat input merupakan peralatan yang dapat digunakan untuk
menerima data yang akan diolah ke dalam komputer. Perangkat ini yang digunakan
oleh pengguna untuk melakukan interaksi dengan komputer agar komputer
melaksanakan perintah yang diberikan oleh penggunanya. Prinsip kerja yang
dilakukan perangkat input adalah merubah perintah yang dapat dipahami oleh
manusia kepada bentuk yang dipahami oleh komputer (machine readable form), ini
berarti mengubahkan perintah dalam bentuk yang dipahami oleh manusia kepada
data yang dimengerti oleh komputer yaitu dengan kode-kode binary (binary
encoded information).
Pemrosesan Pusat dan Penyimpanan Primer
CPU atau satuan merupakan tempat pemrosesan instruksi-instruksi
program. Pada komputer mikro, processor ini disebut microprocessor. CPU terdiri
dari dua bagian utama, yaitu unit kendali (control unit) dan unit Aritmatika
dan logika (arithmethic logic unit). Disamping dua bagian utama tersebut, CPU
mempunyai beberapa simpanan yang berukuran kecil yang disebut register.
Penyimpanan sekunder
Penyimpanan sekunder (juga dikenal sebagai memori eksternal atau
penyimpanan tambahan), berbeda dari penyimpanan utama dalam hal itu tidak
langsung dapat diakses oleh CPU. Komputer biasanya menggunakan input / saluran
output untuk mengakses penyimpanan sekunder dan transfer data yang diinginkan
dengan menggunakan daerah menengah dalam penyimpanan utama. Penyimpanan
sekunder tidak kehilangan data bila perangkat dimatikan-itu adalah
non-volatile. Per unit, itu biasanya juga dua lipat lebih murah dari
penyimpanan utama. Akibatnya, sistem komputer modern biasanya memiliki dua
perintah besarnya lebih penyimpanan sekunder dari penyimpanan primer dan data
disimpan untuk waktu yang lebih lama disana.
Peralatan Output
Perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran
sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas),
soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
Output yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan menjadi
empat bentuk, yaitu tulisan (huruf, angka, simbol khusus), image (dalam bentuk
grafik atau gambar), suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin
(machine-readable form). Tiga golongan pertama adalah output yang dapat
digunakan langsung oleh manusia, sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan
sebagai input untuk proses selanjutnya dari komputer.
Peralatan output dapat berupa:
- Hard-copy
device, yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada
media keras seperti kertas atau film.
- Soft-copy
device, yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada
media lunak yang berupa sinyal elektronik.
Drive device atau driver, yaitu alat yang digunakan untuk merekam
simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media seperti
magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini berfungsi ganda, sebagai alat output
dan juga sebagai alat input.
B. Kognisi Manusia
Kognisi adalah
kepercayaan individu tantang sesuatu yang didapatkan dari proses berfikir
mengenai seseorang atau sesuatu (Psikologiku.com, 2014). Proses yang dilakukan
adalah memperoleh pengetahuan dan memanipulasi pengetahuan melalui aktivitas
mengingat, menganalisis, memahami, menilai, menalar, membayangkan dan
berbahasa. Kapasitas atau kemampuan kognisi biasa diartikan sebagai kecerdasan
atau intelegensi. Jadi, disini yang dibicarakan adalah poses bagaimana manusia
memperoleh sebuah informasi, yaitu dengan cara mengingat sesuatu kemudian
memahami nya dan mengutarakannya melalui bahasa ataupun perilaku yang baik.
Dari definisi diatas
dapat ditarik kesimpulan bahwa struktur konisi manusia adalah susunan sebuah
proses berfikir, menilai, memahami dan menerapkan hasil berfikir tersebut
kedalam sebuat bahasa atau perilaku yang baik. struktur kognitif manusia juga
memiliki komponen, yang terdiri dari seluruh kognisi yang dimiliki seseorang
mengenai objek sikap tertentu berupa fakta, pengetahuan dan keyakinan tentang
objek (Anonim, 2010).
C. Keterkaitan Antara Struktur Kognisi Manusia &
Arsitektur Komputer
Dalam hal ini
keterkaitan antara struktur kognisi manusia dan arsitektur komputer sangatlah
erat kaitannya karena komputer dan kognisi manusia mempunyai suatu kesamaan
seperti menerima (receives),
menyimpan (storage), menarik (retrieves), mentranformasi (transforms), dan mentransmisi informasi
(transmits).
Apakah arsitektur komputer dan struktur kognisi manusia memiliki hubungan? Berdasarkan pemahaman penulis, keduanya memiliki hubungan, yaitu sebuah arsitektur atau susunan komputer tidak bisa terbentuk tanpa sebuah informasi dan penalaran yang dimiliki oleh manusia. Tidak mungkin sebuah komputer tercipta begitu saja tanpa sebuah pemahaman dan tindakan dari manusia. Jadi, memang terdapat hubungan yang kuat antara arsitektur komputer dengan struktur kognisi manusia.
Dalam mempermudah
pekerjaannya manusia, melakukan berbagai upaya pengembangan teknologi untuk
berbagai bidang aktivitas dan kebutuhannya. Dewasa ini teknologi yang mampu
mempemudah pekerjaan manusia baik dalam bentuk pekerjaan yang mengandalkan
kontribusi langsung dengan kemampuan berpikir mengolah data, juga pekerjaan
yang berhubungan dengan tenaga (pemograman mesin produksi) adalah komputer.
Komputer dapat menyimpan dan memproses data sesuai dengan kebutuhan
penggunanya, yaitu manusia. Perbedaannya adalah pengetahuan yang ada dalam otak
manusia merupakan hasil dari proses perkembangan kognitif manusia tersebut.
Pengetahuan bagi manusia dapat digantikan dengan nama program bila pada
komputer dan program pada komputer adalah hasil ciptaan manusia.
Kelebihan & Kelemahan Arsitektur Komputer di
Bandingkan Struktur Kognisi Manusia
1. Kelebihan:
Memiliki jumlah
processor yang lebih dari satu
Dapat digunakan oleh
banyak pengguna (multi user)
Dapat membuka beberapa aplikasi
dalam waktu bersamaan(multi tasking)
Kecepatan kerja
processornya hingga 1 GOPS (Giga
Operations Per Second)
2. Kekurangan:
Dengan memiliki ukuran
yang cukup besar maka dibutuhkan ruangan yang besar pula untuk meletakkannya.
Harganya sangat mahal
Interface dengan
pengguna masih menggunakan teks atau belum user
friendy
Membutuhkan daya listrik
yang sangat besar atau tidak efisien
Referensi / Sumber :
http://www.pengertianku.net/2014/12/pengertian-arsitektur-komputer-secara-lebih-jelas.html
http://solusikompi.blogspot.co.id/2014/08/definisi-arsitektur-komputer.html
http://tekno-hp.blogspot.co.id/2015/09/pengertian-arsitektur-komputer.html
https://www.sepengetahuan.co.id/2017/11/pengertian-arsitektur-komputer-fungsi-jenis-klasifikasi-bagian-cara-membuat-faktor-yang-mempengaruhi.html
file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PSIKOLOGI/2010/M.ARIES/Pertemuan_V_Sikap.pdf
http://euis.umn.ac.id/materipengajaran/TI/SK320Organisasi%20dan%20Arsitektur%20Komputer/OrArKom1.pdf
http://solusikompi.blogspot.co.id/2014/08/definisi-arsitektur-komputer.html
http://tekno-hp.blogspot.co.id/2015/09/pengertian-arsitektur-komputer.html
https://www.sepengetahuan.co.id/2017/11/pengertian-arsitektur-komputer-fungsi-jenis-klasifikasi-bagian-cara-membuat-faktor-yang-mempengaruhi.html
file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PSIKOLOGI/2010/M.ARIES/Pertemuan_V_Sikap.pdf
http://euis.umn.ac.id/materipengajaran/TI/SK320Organisasi%20dan%20Arsitektur%20Komputer/OrArKom1.pdf
Komentar
Posting Komentar